PHP Frameworks! WordPress Salah Satunya!

Spread the love

PHP Frameworks! WordPress Salah Satunya!

Regentechno – PHP terkenal sebagai bahasa paling populer server-side scripting language.
Sudah cukup lama orang-orang membutuhkan untuk membuat website aplikasi yang lebih kompleks, dan karena sebuah level kompleksitasnya itu, maka akan mengambil waktu yang sangat banyak untuk melakukannya dari sangat awal, oleh karena itu dibutuhkan sebuah cara membangun yang lebih terstruktur namun mudah.
Okay, sudah sekian lama PHP Frameworks menjadi bagian daripada pembangungan website-website, tetapi apakah sebenarnya kita mengerti tau artinya Frameworks PHP ? Well sebenarnya kita bisa bilang intinya adalah sesuatu yang mempermudah orang dalam melalukan sesuatu hal disebut Framework, tapi kita akan liat pendapat Rasmus Lerdorf mengenai Framework dengan bahasa yang ia bangun.

Kenapa Menggunakan Frameworks PHP!

Ini adalah beberapa alasan yang paling banyak orang vote mengapa menggunakan Frameworks PHP.

  • Memungkinkan percepatan pembanguan
  • Menyediakan kode yang dapat digunakan kembali (reusable), dapat dipelihara (maintainable) dan tersusun dengan baik.
  • Membiarkan kita tumbuh seiring berjalannya waktu karena aplikasi web yang berjalan pada kerangka kerja terukur
  • Menyelematkan kita dari iming-iming takut resiko keamanan website yang rendah
  • Mengikuti pola (MVC – Model View Controller) yang memastikan pemisahan antara tampilan dan alur kerja sebuah aplikasi
  1. Laravel
    Meskipun Laravel termasuk framework yang paling akhir munculnya, tapi banyak sekali developer yang sangat menyukainya. Begitu melihat dokumentasi yang sangat rapih (menurut saya) akan sangat mempermudah orang-orang untuk melakukan perpindahan dari native php ke Framework.

    Salah satu ecosystem yang dimiliki Laravel -- Forge - Regentechno
    Salah satu ecosystem yang dimiliki Laravel – Forge

    Laravel mempunyai ecosystem yang sangat besar dan bantuan penyediaan hosting yang mudah, lebih lagi menyediakan website resmi Laravel untuk belajar yaitu Laracats .

    Laravel memungkin kita untuk mempercepat pekerjaan development, karena adanya banyak fitur yang disediakan olehnya. Laravel mempunyai command php artisan yang sangat mempermudahkan kita dalam membuat Controller, Model, atau bahkan Authentication. Bahkan kita dapat membuat RESTFull Api dengan Controller Standar  yang dibuat oleh Laravel.

  2. Codeigniter
    PHP Frameworks - Codeigniter - Regentechno
    PHP Frameworks – Codeigniter

    Codeigniter adalah Framework PHP ringan yang sudah berdiri lebih dari 10 tahun (2006 dirilis). Codeigniter memiliki instalasi yang mudah yang hanya membutuhkan sedikit konfigurasi, jadi kita ga perlu rumit-rumit. Codeigniter membiarkan penggunanya kebebasan yang sangat, dibuktikan dengan Codeigniter tidak menggunakan MVC secara keseluruhan, jadi kita bisa hanya pakai Controller saja tanpa Model ataupun View. Itulah mengapa terkadang kita sering mendengar bahwa Codeigniter kurang terlalu aman.

  3. Yii 2
    Yii memiliki performa kecepatan yang lebih cepat dibandingkan PHP Frameworks lainnya, karena ia secara ekstensif menggunakan lazy

    PHP Frameworks - Yii 2 - Regentechno
    Yii 2 – PHP Frameworks

     loading technique. Yii 2 murni OOP, dan mempunyai konsep DRY (Don’t Repeat Yourself) sehingga menyediakan kode yang bersih dan logis.
    Yii 2 sudah terintegrasi dengan jQuery, dan fitur Ajax lebih lagi dengan kehadiran fitur Gii sebagai code generator agar mempercepat proses development.

     

  4. CakePHP
    CakePHP mungkin adalah Framework PHP yang paling lama (2005 dirilis), saya sempat mencicipinya, tapi saya ga terlalu menyukainya karena poor documentation pada saat itu, dan masih mendapat hati para developers Indonesia.

    PHP Frameworks - CakePHP - Regentechno
    Sorry bukannya mau menggoda, tapi ini dari web resminya.. hehehe

    Versi terbaru, CakePHP 3.0 menyempurnakan sesi management, meningkatkan modularitas dengan memisahkan beberapa komponen, dan meningkatkan kemampuan untuk menciptakan perpustakaan yang lebih mandiri.
    CakePHP memiliki tampilan yang sangat menakjubkan, membuat situs-situs merek besar seperti BMW, Hyundai, dan Express. Ini adalah alat yang sangat baik untuk membuat aplikasi web yang memerlukan tingkat keamanan yang tinggi, karena memiliki banyak fitur keamanan bawaan seperti validasi masukan, pencegahan SQL Injection, pencegahan XSS (cross-site scripting), CSRF (cross-site request forgery), dan banyak lainnya (LARAVEL JUGA PUNYA).

  5. WORDPRESS!!!??
    Ini mungkin akan menjadi kontroversi. Kenapa WordPress termasuk?
    Mari kita lihat video ini – Curahan hati sang Creator, dengerin aja ya…Jadi gimana? Dari video tersebut Rasmus Lerdorf mengatakan bahwa semua framework menyebalkan!
    Mengapa? Dia mengatakan bahwa semua orang membutuhkan Framework tetapi yang orang tidak perlukan adalah general-purpose frameworks. Itu adalah sebuah konsep kebutuhan yang tidak secara spesifik semua orang butuhkan atau kebutuhan secara keseluruhan, dengan artian kita semisal membuat ingin membuat gado-gado, semua bahan gado-gado ada, tapi juga bahan yang TIDAK diperlukan, semisal ada buah-buahan tetapi si Framework ini memaksakan agar si buah-buah itu ikut serta, karena mereka satu kesatuan.

    Alangkah baiknya kalau sebuah Framework membuat para developer memilih kebutuhan apa saja yang diminta, sehingga run-time server akan lebih cepat dan tidak membuang waktu load hal-hal yang tidak diperlukan. Seperti halnya Bootstrap yang membolehkan developer memilih kebutuhan mereka masing-masing, karena masing-masing orang memiliki permasalahannya sendiri-sendiri.

    PHP Frameworks - WordPress - Regentechno
    PHP Frameworks – WordPress

    Lalu kenapa WordPress ? Seperti yang disampaikan video diatas dan kita ketahui bahwa Wordpress memiliki tujuan yang spesifik yaitu para blogger, sehingga apa yang diangkut dan digunakan hanya yang berkebutuhan mengenai blogging (tujuan yg spesifik) dan itu adalah ciri-ciri Framework menurut Rasmus Lerdorf.

 

Demikianlah artikel saya kali ini, hanya ingin membuka mata saja para teman-teman mengenai apa sih konsep Frameworks khususnya PHP yang sebenarnya. Thank you all!!

Bagikan ke temanmu :

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *