Buat Aplikasi Ping Otomatis Real Time (Ping Checking Application) di VB.Net

Spread the love
Aplikasi Ping Otomatis - APO Regentechno.com

Regentechno.com Hai Sobat Regentechno! Kali ini kita akan coba buat aplikasi yang berhubungan sama jaringan. Aplikasi Ping Otomatis ini sebenernya saya buat pas saya masih PKL. Karena saya disana jadi IT Support otomatis gak cuman ngoding. Disana saya juga cek jaringan, instalasi OS, photography, bongkar PC, sampai benerin Wi-fi sendiri (padahalkan saya programmer T_T).

Tapi dari sini saya dapat banyak pengalaman dan pengetahuan (HOREEE). Bersyukur bisa membantu sebuah perusahaan sekuat dan semampu saya. Alaah jadi cerita wkwkwk, tapi disini poin pentingnya lho hehe. Saya disuruh nge-ping setiap Wi-fi di perusahaan setiap pagi dan buat laporan Daily Monitoring Wi-fi . Bayangin kalo misalkan satu lantai perusahaan minimal ada 3 Wi-fi baik induk maupun repeater. Kalo ada 12 lantai berarti 3 x 12 = 36 WAP yang saya ping setiap pagi (belum termasuk basement dan lain-lain) melalui cmd satu persatu. Yang ada saya bakalan kewalahan nge-ping kurang lebih 40 IP Address setiap hari. Oleh karena itumotivasi untuk membuat Aplikasi Ping Otomatis Real Time muncul. Aplikasi ini akan nge-ping setiap IP Address Wi-fi secara bersamaan dan real time. Fungsi dari Ping itu sendiri agar kita mengetahui status dari Wi-fi itu berjalan dengan baik kah atau lemot atau bahkan terputus.

Wireless Access Point (WAP) yaitu alat yang berfungsi untuk menyalurkan wi-fi. WAP dihubungkan pada router dan router terhubung dengan server. Setiap WAP diberikan IP Address saat setting sebelum pemasangannya. WAP terbagi menjadi WAP Induk (Parent) dan WAP Repeater. WAP Induk menerima data dari router melalui kabel. Sedangkan WAP Repeater menerima data melalui WAP Induk tanpa memerlukan kabel. WAP Repeater berfungsi untuk memperluas cakupan wilayah Wi-fi. Tapi khusus disini saya bagi jadi 3 tipe. Tipe terakhir yaitu tipe WAP dimana dia ga punya repeater untuk memperluas wilayah Wi-fi.

Dibawah ini kalo lewat jalur manual alias lewat cmd. Caranya buka cmd (command prompt) ketik ping spasi alamat IP yang dituju.

Aplikasi Ping Otomatis - Ping melalui cmd

Gambar 1. Ping satu persatu melalui CMD.

Diatas bisa kita lihat hasil Ping yaitu ada Reply, Timed Out dan Destination host unreachable. Ini yang menunjukkan apakah Wi-Fi kita berjalan dengan baik atau tidak. Reply from blablabla menunjukkan bahwa WAP kita sedang aktif.

Buat Aplikasi Ping Otomatis Real Time (Ping Checking Application) di VB.Net

Nah kita akan langsung bergerak ke pembuatan program, saya buat pake Visual Studio 2013. Untuk database sih terserah mau pake apa aja yang bisa. Pada saat itu saya masih menggunakan MS. Access. Untuk yang sudah bisa SQL Server silahkan pakai SQL Server karena lebih secure.

1. Buat tabel di database yang akan kita pakai.

Aplikasi Ping Otomatis - tabel

Gambar 2. Tabel di database.

 2.  Buatlah CRUD dan desain from seperti gambar dibawah. Saya anggap para pembaca sudah bisa buat CRUD (Creat, Read, Update And Delete) sendiri ya jadi saya ga perlu bahas hehehe.

Aplikasi Ping Otomatis

Gambar 3. Desain form 2 untuk mengelola akun.

Aplikasi Ping Otomatis - mengelola wap

Gambar 4. Desain form 3 untuk mengelola WAP.

3. Membuat program Aplikasi Ping Otomatis.

Buatlah desain form 1 seperti dibawah ini!

Aplikasi Ping Otomatis

gambar 5. Form 1 hasil Ping otomatis dari Ping Checking Application.

Buatlah form dan masukkan Datagridview, Backgroundworker, Timer, dan toolbox – toolbox lain yang diperlukan.

 Ketik Imports system kedalam code diatas form 1!

Aplikasi Ping Otomatis

Gambar 6. Menambahkan beberapa Imports.

Lalu ketik public – public berikut!

Aplikasi Ping Otomatis

Gambar 7. Menambahkan beberapa Public.

Di Form1_ Load ketiklah code berikut.

Aplikasi Ping Otomatis

Gambar 8. Menambahkan beberapa code di Form1_Load.

Button bertuliskan Start Analyzer di Form 1 ditumpuk diatas button Stop Analyzer. Jika Start Analyzer di klik maka timer, background worker dan code Ping akan berjalan. Selanjutnya button Start Analyzer di hide dan Stop Analyzer dimunculkan. Untuk mengatur hal tersebut gunakan visibe.  Sebagai contoh: Button1.visible = true dan button2.visible = false.

Masukan BackgroundWorker kedalam form. Saat Start Analyzer di klik Form dengan BackgroundWorker kita jalankan. Code untuk menjalankan BackgroundWorker yaitu seperti dibawah ini.

BackgroundWorker1.RunWorkerAsync()

Ketiklah Code dibawah ini semua!

Aplikasi Ping Otomatis

Gambar 9. Pengaturan Timer 2.

Aplikasi Ping Otomatis - checkconnection

Gambar 10. Code untuk mengecek koneksi internet.

Aplikasi Ping Otomatis

Gambar 11. Code ketika Backgroundworker dijalankan.

Aplikasi Ping Otomatis

Gambar 12. Code ketika BackgroundWorker selesai dijalankan.

Gambar 12 diatas terjadi bug di code Handles. Itu karena saya enter kebawah agar sisa code yang lain terlihat.

Aplikasi Ping Otomatis

Gambar 13. Code Aplikasi Ping Otomatis

Pada gambar 13 diatas, code bertipe string bernama ini terpotong. Code saya tampilkan dibawah.

Dim ini As String
ini = “SELECT * FROM tb_iplist where Ip_Address like ‘%” & TextBox9.Text & “%’ order by Ip_Address ASC”

Buatlah form seperti dibawah ini untuk dimunculkan.

Aplikasi Ping Otomatis

gambar 14. Program mengecek koneksi internet pada PC.

Buatlah form dibawah ini juga.

Aplikasi Ping Otomatis

Gambar 15. Form ketika tidak ada koneksi internet.

Ketika apikasi di run, maka timer membuat BackgroundWorker berjalan. BackgroundWorker DoWork() menjalankan code CheckForInternetConnection(). Munculkanlah gambar 14 pada tahap ini. Apabila tidak ada koneksi maka munculkanlah gambar 15. Tapi jika koneksi terhubung maka code gambar 13 akan dieksekusi. Setelah Ping terhadap semua aplikasi selesai RunWorkerCompleted() akan berjalan. Gambar 5 dimuncukan dan hasil dari Ping setiap WAP akan kita ketahui melalui datagridview. Apikasi Ping Otomatis SELESAI.

Banyak sekali aturan yang harus dijalankan diatas. Banyak menggunakan If Conditional, Visible False atau True. Saya sendiri banyak menggunakan MygroupBox untuk visible. MygroupBox disini saya buat sendiri bukan GroupBox bawaan dari toolbox Visual Studio 2013. Bedanya MygroupBox bisa tidak pakai frame. Jadi tersembunyi dan sekali visibe bisa banyak.

Sebagai catatan inputlah dulu semua IP Address kedalam tabel. Aplikasi hanya bisa dipakai menggunakan internet dari server yang sama. Atau gunakan Wi-Fi dari perusahaan saja. Sehingga IP Address yang di ping sesuai server. Usahakan agar aplikasi banyak istirahat sejenak agar server tidak down.

Mohon maaf banyak gambar yang terpaksa saya edit untuk privatisasi perusahaan. Sekian dari saya semoga bermanfaat. See you next time.

Bagikan ke temanmu :
2 Comments
    • Kamaludin

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *